Minggu, 29 Maret 2015

Yang Bikin Sedikit Nyesek Anak IPS Pas Kelas XII dan Sedikit Nasihat buat Anak IPA

Assalamualaikum wr. wb.

Duh judulnya kok ngenes ya, iyasih -___-

Yosh, sekarang gue tanya, adakah anak Kelas XII YANG FULL NYANTAI engga mikirin kemana dia mau menuju abis SMA? Pasti engga ada. Yaps, Senakal nakalnya se apa apanya se begal begal nya pasti pernah sesekali kepikiran ini, iya kan?

Nah di postingan gue kali ini gue mau sedikit curhat tentang gimana nyeseknya jadi anak IPS

Ceritanya, gue kan udah manteb teb teb di UNAIR, ambil Ekonomi Pembangunan sama Universitas Brawijaya Ekonomi Pembangunan juga (gue terlalu tortured sama ini mapel). Suatu ketika gue mikir, apa gue musti njagain dua universitas itu aja? Dan saat itu gue salut ama temen gue yang pengen jadi DOKTER dan nyobaa ke banyak universitas. Yaps! kamu kereen!

Nah, mulai deh gue nyari info info tentang universitas swasta yang udah buka pendaftaran. Nah buat ini bakalan gue review sendiri nanti yaa


Back to topic, hari sabtu kemaren si uliya nanya gue mau daftar STIS apa kagak. Nah setelah dapet lampu hijau dari daddy mammy (udah macem noni Belanda gue) buat daftar STIS mulailah gue googling iinfonya dan ternyataaaa

TETOOT! STIS KHUSUS UNTUK ANAK IPA!

Yah, udah turun tuh semangat gue buat kedinasan. Terus gue searching lagi untuk Sekolah Kedinasan yang lain. Nah ketemu! Gue cocok banget sama ini yaitu, AKADEMI METEOROLOGI KLIMATOLOGI dan GEOFISIKA dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika! Naaah ini, berhubung lagi seneng senengnya ngomongin hujan (maklumin aja, gue aja gatau gue ini jomblo apa LDR) dan lagi seneng sama Geografi, gue nyoba tuh buka buka informasiya, apalagi ada Geo geo nya gitu kali aja gue boleh daftar.

ALAAAAK! KHUSUS IPA MEN!

Sedih banget mblo, gue gabisa ikutan itu mblooo T.T

Ketika cerita sama emak malah diginiin

Dari dulu udah dibilang kan? Suruh ambil IPA kamunya gamau, Yaudah jalanin aja.
Kalau ada yang nanya,"sedih ya kaak?" Iya jelaas-__-

Nah, banyak pikiran pikiran yang mucul di otak gue. Nah gue mencoba jujur disini, tenatang yang gue rasain nih, dan mungkin akan ada sedikit wejangan buat temen temen IPA yang lagi sama sama berjuang!

Oh jadi ini sebabnya aparatur negara banyak yang IPA
Nah itu! Gue mikir lumayan keras. Sering sekali gue nemuin aparatur negara yang dari IPA. Jadi ini toh alasannya? Hahaha
Terus anak IPSnya kemana mbak? ya gatau. jadi Diplomat kali B-) /gue kan dubes wannabe/

Kenapa anak IPS gabisa daftar di AMKG, STIS, STSN dsb?
Ini nih ini, yang bikin gue lumayan sedih. Anak IPS juga engga bego bego amat kok kalau urusan hujan, lhawong anak IPS juga banyak yang JOMVLO -___-
Buat AMKG, kenapa anak IPS gaboleh ikut paak buuk? Apa salah anak IPS? Kalau emang nyari anak bangsa yang jago hujan atau segalanya ya cukup ngadain TES bersama, IPA IPS BAHASA AGAMA SMK gituu, kan adil. Banyak anak IPS jago GeoFisika loh pak buk, toh sama aja kan, nanti juga bakalan dapat yang bener bener pinter! Kalo udah dikhususi gini kasian anak yang jurusan lainnyaa looh, kita semua juga mau mengabdi untuk negara kok :') (ada yang mau jadi sandaran gue?)

Untuk STIS, gue juga engga jauh beda dari yang diatas, cuman kalo STIS ini gue cukup maklum karena ini Statistika, yang notabene anak IPS juga MTKnya ga sesusah IPA.

Untuk STSN. Nah, apakah semua agen intelijen harus anak IPA? Atau gini deh, apa yang bisa mecahin sandi cuma anak IPA? Apa anak Keagamaan, Bahasa, atau SMK engga bisa mecahin sandi? APA CUMA ANAK IPA YANG PEKA SAMA KODE HAAA? GUE NGODE ANAK IPA DARI KELAS X DIA GASADAR SADAR TUH! /sabar sabar sabar/

yah segitu aja sih. Udah males -___-

Kenapa muncul kesan diskriminasi anak IPS di negara kita?
Ternyata gegara ini agan sista reader setia!  Pemerintah sendiri memperlakukan seperti ini. Sekolahnya banyak yang khusus untuk IPA sih/ Ya begitulah, anak IPS kebal sama ginian /kayaknya/

Jalur kuliah, jurusan atau apalah milik anak IPA kurang? Belgedes
Ini nih yang paling serng dibuat alasan anak IPA buat ambil jurusan IPS! Nah jadi gini, gue daridulu engga peduli mau anak IPA ambil jurusan IPS atau engga, yang penting gue selamat. Nah, Sekolah negara semua memperbolehkan ANAK IPA buat daftar. Masih kurang? Jurusan kuliahnya IPA juga banyak loh temen temen kawanku sebangsa tanah dan sebangsa air. Jadi kalo ada yang bilang JURUSAN ABIS SMANYA ANAK IPA KURANG? RENE! DIKIRO GA NGOSEK WC PIYE? RUMANGSANE OPO GAK PENAAK? /loh kok jadi niruin mbak mbak TKW/ -___-

WEJANGAN untuk ANAK IPA
Penutup dari gue admin sekaligus writer author atau apalah yang kece yang sedang nyari jalan hidup sama pendamping hidup/eaaa/ adalah, untuk kawan kawan IPA, kalian udah dimudahi loh sama negara, dikasih SEKOLAH yang khusus anak IPA dan itu banyaak~ So, bukan gue minta belas kasihan, bukan. Gue juga kadang gasuka ngeliat temen gue lantang benci anak IPA yang ambil kuliahan IPS, karena itu HAM berooh, tapi ya hargailah kami, yang udah berjuang meyakinkan ortu, tahan gunjingan, hanya karena kami menghargai IPS itu sendiri. Kalian udah ambil jalan hidup IPA, ya jalani jalan hidup kalian ya :)

Mendingan daripada ambil lintas jurusan, yang bikin tambah capeks, bikin susah, bikin engga disuka anak IPS, daftar aja di kedinasan berooh agan sista IPA. enak loh, dapet uang saku.

So, itu aja dari author kece dan kekinian. Inshaallah gue bakal balik lagi, bawa cerita cerita baru lagi, materi materi baru dsb hahahaha

Udah ya, gue pamit. Mau belajar. H-14 UN!

Wassalamualaikum wr wb

Tags:

  • Pilih IPA atau IPS
  • IPA kuliah IPS
  • IPS kuliah IPA
  • IPA sekolah kedinasan

24 komentar:

  1. ngeliat posting kakak bikin aku mikir dua kali , milih ipa atau ips. Jadi aku pengen masuk kelas ipa tapi mtk ku kurang bgimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya menurutku sih dek, matemayika kurang, fisika kurang, atau apalah yang kurang masih bisa diperbaikin, asal darisononya udah seneng sama itu mapel. Aku dulu pengen ke ipa asliii pengen masuk FK tapi fisika ku kurang dan aku gasuka tuh mapel -___- karena penentuan jurusan ini menurutku sih gabisa dibuat main2. as an example, aku sekarang kuliah di ekonomi, kalau dulu aku gamasuk ips dan masuk ipa, pasti keteteran banget sama matkul sekarang. btw rencana abis sma mau masuk kemana dek? kuliah atau macem stan stis gitu?

      Hapus
  2. apa Dari ips ga ada kemungkinan untuk lintas jurusan ke klimatologi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii adinda, aku dulu juga kepikiran buat ke klimatologi, ke amkg. nah kalo di amkg harus ipa, kalo uni masih bisa kayanya, selama kalo dia masuk bagiannya saintek, km ya harus sbm saintek. balik lagi, tergantung univnya wkwkw

      Hapus
  3. apa Dari ips ga ada kemungkinan untuk lintas jurusan ke klimatologi?

    BalasHapus
  4. apa Dari ips ga ada kemungkinan untuk lintas jurusan ke klimatologi?

    BalasHapus
  5. Sering sering anak masuk ipa tuh karna gengsi aja. Gaksadar kalau dirinya kurang di eksak, tapi tetep aja ngeyel. Trus makanya kalau kuliah banyak yang serobot jurusan ips. Soalnya mereka mikirnya mapel ips itu gampang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan memang gt, tapi ada juga yang dia dipaksa ortu. Nah kebanyakan yg dr ipa ke ips susah menyesuikan di kuliahnya nanti :)

      Hapus
    2. ANTARA EKSAKTA DAN SENI
      Saya anak eksak yang sekarang mulai berkecimpung di dunia seni. Alasan saya tidak memilih jurusan IPS ketoka sekolah menengah dulu adalah karena saya tidak memiliki ketertarikan pada matpel mayor (ekonomi, geografi, dsb) di jurusan tersebut. Alasan lainnya karena saya (sangat) lemah dalam menghafal dan memang menyukai hal-hal rasional sedari kecil.

      Fakultas seni & desain di institut saya memiliki napas sosial, tapi tidak tertutup untuk anak-anak eksak (nyatanya sebagian besar mahasiswa di sana adalah mantan anak eksak). Saya memiliki alasan kuat untuk masuk ke fakultas ini dan telah memikirkannya matang-matang dari jauh hari. Saya juga sempat menghadapi masa-masa sulit untuk meyakinkan kedua orang tua saya (menurut orang tua saya, saya lebih cocok melanjutkan pendidikan di ranah sains dan menyarankan saya untuk masuk ke salah satu sekolah kedinasan bertajuk statistik *ehem*).

      PILIHAN SULIT: ANTARA EKSAKTA&SENI (DAN KEADILAN TUHAN)
      Sebelum berakhir di dunia seni, saya sempat mencoba saran dari orang tua saya untuk medaftar ST*S. Saya menyukai statistika. Sekolah di sana pun tidak ada ruginya: tunjangan tiap bulan, prospek kerja bagus, masa depan terjamin, bebas biaya kuliah. Tapi, sayangnya itu tidak sejalan dengan impian saya sebagai seorang animator. Alhamdulillah saya berhasil melewati tahap satu dan dua, hingga akhirnya saya harus menghadapi pilihan sulit di tahap tiga (tes CPNS dan tes kesehatan). Jika saya mengikuti tes ini dan lolos, saya harus melepas fakultas yang saya pilih, tapi di lain sisi saya tidak ingin mengecewakan kedua orang tua saya yang mendukung saya selama tes
      (saat itu juga banyak teman saya (yang sudah diterima di universitas lain) yang juga lolos hingga tahap terakhir). Saya memutuskan untuk memberikan hasil terbaik dan menyerahkan semuanya pada Tuhan.

      Nilai tes CPNS saya tidak buruk, tapi bukan yanh terbaik. Saya berapa di daerah netral yang peluang masuk dengan tersingkirnya berbanding seimbang, 50:50. Tes kesehatan di hari selanjutnya juga saya hadiri, tinggal menunggu hasil. Setelah beberapa waktu, hasil keluar. Saya dan beberapa teman yang telah dinyatakan diterima di tempat yang berbeda secara resmi gugur. Saya kecewa, tapi merasa senang. Bersyukur karena ternyata ini bukanlah jalan yang Tuhan tujukan padaku. Ada juga seorang teman yanh nilainya (sangat) sedikit di bawah saya diterima di sana. Saat itu saya berpikir, "Tuhan Mahaadil. Dia telah menetapkan jalan dan memiliki rencana terbaik untuk hamba-hamba-Nya."

      Hapus
    3. KINI: SENI OTAK EKSAK
      Sebagai orang yang terlalu lama berkecimpung di dunia eksakta, perlu adaptasi yang tidak instan. Saya perlu melatih kepekaan saya terhadap unsur-unsur visual dan mempertajam intuisi. Bukan hal yang mudah memang. Saya sempat merasa tertekan karena dunia yang saya hidupi sekarang terasa sangat kontras dengan dunia eksakta. Tidak ada yang jelas. 1+1 bukan lagi 2, bisa jadi 10 atau justru -2. Apa yang kita anggap indah bisa jadi buruk di mata dosen, begitupun sebaliknya. Ketika meminta pendapat asdos, kita bisa mendapatkan jawaban yang beragam (atau bahkan cukup kontras) untuk hal yang sama.

      Dunia sosial sesungguhnya lebih kompleks daripada dunia eksak karena di sini tidak hanya logika, tapi emosi pun ikut berbicara. Tidak hanya satu sudut pandang yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah, tapi lebih (semakin banyak justru semakin baik).

      Sebagai orang berotak (dominan) kiri saya memang merasa kesusahan dalam menyesuaikan diri dalam dunia sosial dan humaniora, tapi saya cukup menikmatinya karena ini adalah jalan menuju impian saya :)

      DOKTER HUMANIORA
      Menanggapi pertanyaan tentang anak IPS yang mengambil lintas jurusan, saya kerap mendengar cerita seorang anak sosial&humaniora yang memilih jurusan kedokteran dalam lintas jurusannya dari guru-guru SMA. Ajaibnya, dia dinyatakan diterima melalui SBMPTN. Saya yakin jalan yang dia tempuh tidak mudah. Bagi anak IPA saja, kedokteran adalah jurusan yang susah untuk ditembus, terlebih bagi anak IPS yang tidak setiap hari berhadapan dengan matematika, fisika, kimia, dan biologi. Untungnya, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Dengan optimisme, tekad kuat, dan usaha yang tidak kenal lelah serta putus asa (plus izin Tuhan) kita bisa meraih apa yang kita perjuangkan :)

      Hapus
    4. Halo Saskia (btw nama kita hampir sama) terima kasih buat berbagi pengalaman dan pendapatnya. Okay, everyone has their own thinking. Saya ini sebenernya termasuk anak yang dari kecil minat di IPA dan forced to masuk IPA karena ibu saya pengen punya anak seorang dokter (yang gagal diterpain ke abang saya xD). Dalam komentar saya diatas, saya menanggapi komentar si anonim dari sudut pandang anonim which is dia nganggep anak IPA masuk karena gengsi. Kita gabisa nampik sebenernya sampai saat ini banyak anak masuk IPA karena gengsi, walaupun tidak semua dan masih banyak yang masuk karena minat bakat dan mampu di mata pelajaran yang diajarka jurusan IPA. Berkaitan juga dengan jawaban saya ke anonim tentang susah menyesuaikan jika dr IPA ambil IPS, memang saya banyak nemui hal itu. Teman dekat saya IPA, kuliah di program studi Ekonomi Pembangunan. FYI, Ekonomi Pembangunan banyak hitungan matematis nya loh ;) sehingga seharusnya teman saya yang Matematikanya di SMA lebih detail daripada kami di IPS, bisa lebih mengungguli di mata kuliah matematika ekonomi. Tapi dia butuh penyesuaian, sehinngga di matkul ME 1 dia kurang maksimal, dan baru bisa maksimal di ME 2. Kenapa? karena memang matematisnya jago, tapi dasar konsep ekonomi yang kemudian dihitung dengan matematis nya kurang. Sebab itu saya mengatakan seperti tadi, 'biasanya sulit menyesuaikan'. apakah semua? tentu tidak. Kakak tingkat saya dari IPA, dan di semester awal mendapatkan IP sempurna. Apakah karena ekonomi condong ke sosial, lalu teman saya yang IPS IPnya sempurna? tidak tentu. Lalu sebenarnya mana yang lebih condong mudah dalam prodi EKonomi? IPA/IPS? jawabannya adalah=>bergantung masing masing individu

      Selanjutnya, untuk SENI dalam pemikiran saya bukan condong ke IPA, atau IPS. Seni ini masalah bakat minat menurut saya, dan tidak bisa disama ratakan orang IPS biasanya 'nyeni'. Sampai saat ini saya cuman bisa gambar gunung mbak xD padahal saya orang IPS. Saya juga berpikir, sepertinya di Seni juga butuh perhitungan yang bagus ya mbak?._. Saya dulu pernah dapat PR matpel seni yang bikin perspektif. Ampun dah, yang tahap awal saja susah, apalagi saya ini minus dan punya cylinder. Hehe.

      Nah ini yang terakhir ini. Tentang anak IPS yang masuk kedOkteran. Murid ayah saya dulu pernah ada yang masuk kedokteran, teman saya pun IPS masuk ke kesehatan. Bukan hal baru sebenernya tapi dalam perjalananya di prodi tersebut, selalu mulus saja? tentu tidak. Pasti pernah mengalami kesulitan. Saya dulu pernah mau coba coba SNMPTN ambil kedokteran padahal saya IPS. ya bisa milih, waktu itu saya nyoba klik Kedokteran UNAIR (emang saya gasadar diri aja). Memang tidak ada yang tidak mungkin, dengan perjuangan pasti bisa. Kalau berhenti disitu mungkin saya tidak perlu membuat postingan ini di zaman labil labilnya saya mbak^^ Setelah saya re-read barusan, memang mungkin postingan ini sedikit menyinggungg mungkin, namun niat saya hanya memberi pemahaman dan pengetahuan, bahwa dalam lingkup IPA sudah dimudahkan oleh negara dan prodi kuliah juga banyak :) Namanya nasihat (kalau boleh dikatakan nasihat) boleh dilaksanakan, boleh tidak ;) Terima kasih sudah berbagi pengalamannya e readers yang lain;) sukses kuliahnya :)

      Hapus
  6. kak kalau sma jurusan ips nanti kuliahny bisa jurusan apa aja ya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo eko ;) terima kasih sudah mau berkomentar ^^ Untuk jurusan kuliah, tidak bisa saya sebutkan satu satu ya wehehehe. Saya dulu taunya IPA dan IPS dari buku yang BIMBEL saya (Ganesha Operation) kasih di kelas 3. Kalo Eko bukan siswanya GO, bisa juga search di gugel. Untuk jurusan IPS bisa masuk apa aja, tergantung dari perguruan tinggi yang dituju eko, yang saya tahu UNAIR jaman saya maba dulu, membebaskan lintas jurusan antara IPA dan IPS di SNMPTN. ada juga PT yang melarang lintas jurusan. Untuk SBMPTN jaman saya dulu, boleh kemana mana namun tergantung apakah IPC atau IPS IPA. Kalau untuk peraturan saat ini saya engga begitu paham, jadi sering sering cek aja peraturan yang terbaru, karena ganti tahun beda lagi aturannya, ganti mentri ganti pula kebijakannya xD

      Hapus
  7. Kak di UGM statiskika bisa dimasukin anak ips dan aku anak ips, tapi waktu SBMPTN aku harus ambil jalur IPC ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii ferika.. sebentar, statistika ini masuk saintek apa soshum? kalau seingatku nih seumpama kamu sbmptn milih 3 prodi dan itu ips semua, kalau kamu dr ipa km gausa ambil ipc. kamu ambil langsung soshum atau ips. Nah baru, kalo dalam sbmptn prodi mu ada yang khusus ipa dan khusus ips kamu harus ipc. CMIIW ya dek, udah lama dan kurang tau gimana sistemnya sekarang

      Hapus
  8. Anak ips pemikirannya lebih jenius daripada anak ipa, klo anak ipa cuman ngandelin pengetahuan materi blm mencakup seluruhannya, aedangkan anak ips pemikirannya lebih panjang & lebih maju terhadap lingkungan sosial, anak ips lebih kreatif, memiliki jiwa sosial tinggi, terus apa salah anak ips kak??! Pemerintah tidak adil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, sorry untuk pernyataan ini aku gabisa nge-iya-in XD menurutku ngga ada yang namanya anak IPS lebih jenius daripada IPA, begitupula sebaliknya. Masing-masing punya kejeniusan masing-masing

      Kalau aku nanya ke kamu, sebagai anak IPS nih yang menurut kamu lebih jenius dari anak IPA, apakah kam bisa secemerlang mereka yang prestatif di bidang ilmu alam seperti kedokteran, dll? Pun, apakah anak yang awesome di bidang ilmu alam bakalan menjadi 'jenius' di IPS? No :)

      Lagi, bukan aku membela anak IPA. Aku anak IPS, memang cenderung anak IPS memiliki jiwa sosial tinggi, tapi banyak juga kan dokter dokter yang sosialnya tinggi, bikin rs apung dll :)) pemikiran lebih panjang, maju, kreatif, tidak bisa digeneralisir ke IPA atau IPS :))

      Anak IPS, menurutku ngga salah. Cuman budaya meletakkan anak kurang baik di sekolah di IPS ini yang salah. Senakal nakalnya, pasti masing masing punya keahlian. Menjadi tugas bagi tenaga pendidik, juga orang tua, menggali dimana anak ini akan berkembang. Kalau yang bengal bengal disatuin di IPS, bisa jadi tambah parah kan? Juga, cap IPS sebagai yang lower than IPA, itu diciptakan oleh siapa? Anak IPS juga, sedikit banyak berkontribusi dalam labeling masyarakat tersebut.

      To be honest, Aku lebih salut sama anak IPS yang berjuang untuk merubah cap jelek IPS dengan prestasinya, daripada sibuk menuntut dan menghujat sebelah sebagai anak emas tanpa berusaha memperbaiki nama IPS itu sendiri :) sekian.

      additional: Aku bangga banget sama angkatan IPSku waktu SMA. Sedikit banyak, dengan prestasi yang mereka dapatkan, nama IPS pada masa itu mulai dilirik, mulai dihargai, dan alhamdulillah prestatif dan sebanding dengan yang IPA :)))

      Hapus
  9. Nice,artikelnya iya kenapa buat masuk kedinasan haarus dikhusus kan buat anak ipa pdahal kan anak ips juga banyak yang bisa malah jago mapel ipa ketimbang anak ipa itu sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. True, setuju dan alhamdulillah sepemikiran. Teman-temanku banyak yang jago mata pelajaran IPA semasa sekolah menengah pertama bahkan dari sekolah dasar. Ada temen yang anak IPA tapi pinter banget pelajaran TIK, ada juga yang sebenernya dulu -istilahnya- 'atlet lomba IPA- masuk IPS:) Kembali, dinamakan seleksi harusnya benar benar seleksi, siapapun anak bangsa yang mampu di bidang yang diujikan, ya dimasukkan :) bukan dengan langsung spesialisasi ke IPA. Siapapun dia, entah IPA, IPS, Bahasa, bahkan agama sekalipun, tetap diletakkan ada jajaran pemilihan yang sama:)

      Hapus
  10. Kenapa harus anak Ipa? Anak Ips ga bego2 amat loh 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. INI MASIH MENJADI MISTERI~ *ala ala SpongeBob

      Hapus
  11. sampai kapan jurusan ips di kebelakangkan kapan majunya kalo ipa mulu yang dibukakan untuk sekolah kedinasan

    BalasHapus
  12. Itu lah aku udah semangat mau di bmkg dan belajarnya di stmkg tapi setelah aku baca khusus anak ipa dan aku anak ips, ya sama aku kira geofisika gitu ada nyangkut geografi anak ips ternyata khusu untuk anak ipa hadeeuuuh

    BalasHapus
  13. Nyesek si ka pas tau STMkG khusus buat anak ipa, saya ips pengen banget masuk sini tapi gak bisa astagfirullah

    BalasHapus