Minggu, 15 Februari 2015

Pengalaman Naik Kereta Api Mutiara Timur Siang [REVISED]

Assalamualaikum wr wb

Di postingan ini (yang lagi lagi engga jauh dari kereta) gue bakalan ngasih semacem review atau apalah ya, sekaligus ngasih saran atau sekedar pengalaman buat yang mau tahu gimana sih rasanya naik Mutiara Timur ini ..

Oke, untuk pertama bakalan ngereview.....

KERETA MUTIARA TIMUR SIANG !

Nah jadi ini pengalaman pas kalau engga salah kelas XI bulan bulan Oktober-an lah. Nah ceritanya gini, adik gue ini sunat xD Nah berhubung nih bocah dan sekeluarga mau pindah ke Los Angeles karena om ditugasin Kemenlu buat tugas disana, gue nyempetin waktu buat nengokin. Dan alhamdulillah pas gue telfon om yang domisili Jombang tapi sering njengukin ibunya di Surabaya buat lihat lihat kampus UNAIR plus jemput di Gubeng beliau nyanggupin.

Nah as always mamih bingung mau naik apa, dan bapak lagi sibuk jadi gabisa ikut, ya gue nyaranin naik kereta aja. Nah gue ngasih 2 pilihan, option pertama naik Sritanjung, yang kedua naik Mutiara Timur Siang. Mamih langsung nanya, yang Eksekutif mana -__- Bapak sempet protes, ke Surabaya pake gaya naik Eksekutif eh mamih jawab gini."Dih masa dari muda sampe tua naik ekonomi mulu. Udah tua mah nikmatin. Ogah ah naik ekonomi." -harap maklum- gue langsung bilang ke mamih buat naik Mutiara Timur Siang. Oke deal.

Kereta berangkat hari Jumat, tapi gue udah beli tiket Sabtu. Padahal itu bukan peak season atau apa. Gue udah engga sabar mau naik kereta wkwkwk. Hari demi hari gue laluin, di sekolah rasanya bosen bertubi tubi, dikit dikit liat jam liat tanggal biar cepet cepet hari Jumat xD

Tibalah hari Jumat. Gue yang udah packing dari hari rabu -__- datang ke stasiun satu jam sebelum kereta berangkat. Yah untung bonyok ngertiin gue :))

Dan sampailah kereta kesayangan. Dari luar sih lumayan bagus ya keretanya-walaupun engga ada kereta yang engga bagus menurut gue-

Nah, seatnya Mutiara Timur ini enak banget menurutku.. Waktu itu tiketnya masih sekitar 120an ribu kalo gasalah-soalnya dapet kursi yang deket toilet,semakin ke tengah semakin mahal- ada sandaran kakinya juga, yang bisa disesuain sama panjang kaki-ini mengenaskan sekali bagi kaki ku yang engga panjang-, tapi sayang mamih dapat yang rusak xD protes ke petugas, tapi petugas belum bisa benerin xD

Perjalanan dimulai, sambil dadah ke ayah yang ngejomblo dirumah sambil bayangin ayah bikin telur cepok nyanyiin lagu 'masak masak sendiri'

Gue antusias sekeles pemirsa, belum pernah naik kereta jarak menengah apalagi eksekutif. Sepanjang jalan dari stasiun KSL (kodenya Stasiun Kalisetail) sampe Kalibaru nikmatin banget, apalagi lewat kebun coklat..

Nah yang paling aku pengen tahu itu Terowongan Gumitir.. Satu kata: GELAP xD Di Terowongan ini feels so fyuuuuuh gitu. Dan suara keretanya juga jadi khas. Ada dua terowongan, yang panjang sama pendek. Enaklah. Ini salah satu hal yang disuka sama sebagian penumpang tiap perjalanan ke  atau dari Banyuwangi.

Mulai memasuki Stasiun Jember. ACnya tetep dingin -iyelah- walaupun udah beranjak siang. Di seberang sana duduk seorang mas mas kece dengan iPhone di genggamannya, engga lupa kacamata item, sepatu Nike. Duh ini ngingetin banget sama foto profil mas FMH (9u.u)9. Tapi gaboleh lama lama mandangin, zina mata coy -tapi gue suka mandangin Taeyang gapake baju :v-

Beberapa kali kita ketemu pandang tapi ya gue pura pura ngeliat mamih gitu hahahaha

Sampailah dia buka kacamata hitamnya. Dan semua bayang bayang FMH LENYAP -__- jauuuh :v

Si mas mas ini suka makan bakso. Dia pesen bakso soalnya sama pramusaji yang suka lewat tiap 3 menit sekali :v

Saking nyamannya si mas mas ini tidur sambil buka mulut. KOK AKU BISA TAHU? Hahahaha jaketnya buat nutupin mulut gue buka-ya gamungkin- kesingkep  xD

Pas noleh ke mamih ternyata mamih juga ketiduran dan lebih parah dari mas mas tadi.

Di stasiun jember ini berhentinya lumayan lama karena stasiun gede. Bisa ditinggal pesen Roti O juga kayanya. Terus Rambipuji, terus apa ya lupa, Bangil, Sidoarjo, Surabaya Gubeng. Tetep dingin kok ACnya walaupun panasnya ga nguatin. 

Intinya, dari segi seat oke, sandaran kaki oke -kecuali punya mamih- ACnya pas, dan satu lagi. sepanjang jalan yang diputer adalah lagunya Mbak Suliyana. Bangga aih jadi orang Banyuwangi. Engga lupa yang asik naik Eksekutif adalah, si LED TV bakalan selalu ngingetin kalau kita udah mau nyampe di stasiun tujuan, jadi buat yang buta stasiun mana ini bisa tahu. Satu lagi, sebelum lagu mbak Suliyana, yang muncul adalah film kesayangan PT KAI! Tidak lain tidak bukan, RAMBO!

Fasilitas yang didapat sebandinglah sama harga tiketnya.. RECOMMENDED banget!

DAN TEPAT WAKTU!

Update info: Buat yang mau ke Bali dari Surabaya lewat darat, bisa naik MuTim ini. Ntar di Stasiun Banyuwangi Baru bakalan di oper ke bis (atau mungkin ELF? Aku gapernah naik sampe sini soalnya). Ini sih katanya mbak mbak kos yang banyak dari Bali. Enak kok, turun terakhir di Denpasar kalo engga salah.

So, buat yang mau naik, Enjoy it yaa. Oh ya tips buat yang mau naik Mutiara Timur yang Malam, pake baju anget ya, dingin soalnya ACnya. Kalo eksekutif kayanya diasih selimut, kalo bisnis kemaren gue udah engga dikasih (update 2 AGUSTUS 2016). 

Wassalamualaikum wr wb

2 komentar:

  1. Akhirnya, saya berhasil tahu 1 orang RF lagi. Dan maaf bila salah, mbak perempuan, toh?
    Ya. Mbak bisa dibilang RF. Bisa tahu kode stasiun itu hebat, bahkan untuk RF. Tapi, saya jadi ngiri juga. Belum pernah seumur-umur ke Daop 9. Apalagi naik Muttim, mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe makasih yah sudah mampir disiini. Main main aja ke DAOP 9 mas, naik MuTim, daripada naik Sritanjung tiketnya hampir sama beda 20-50k ajaa. Saya suka gapede jadi RF, kebanyakan cowok sih hehe. Btw orang mana mas?

      Hapus