Senin, 22 Agustus 2016

My Journey-Random Things and Everything

Assalamualaikum wr wb

So this is it. I still lost my daily routine and tryin' to found them (like going to campus, hangout around Surabaya, and studying mood)

Jadi, ceritanya saya nih udah ada di Surabaya, ninggalin kampung halaman buat sekedar yeaah ada urusan kepanitiaan dan pengen aja keluar rumah. Jujur ajasih, rumah semakin uncondtional. Gampang saling membahagiakan dan saling menyakitkan. Saya yang udah sekitar satu tahunan di perantauan, udah mulai lupa what's always happen in home when you stay there more than 7 day. Saya yang udah kebiasaan hidup di rantauan, ndekem di kamar ukuran 9x12 keramik ukuran 30x30cm ngerasa rada kaget dengan keadaan rumah, apalagi setelah abang sama mbak ipar balik ke Bogor. Mungkin biasa ya, dalam rumah tangga, pasti ada aja masalahnya, sampe sampe kemaren saya sempet marah (duh ngerasa durhaka banget ini) ke ibu karena hal sepele yang engga bisa disepelekan. So, dipersingkat aja yang bagian ini. Intinya, rumah akan selalu nampak nyaman sesaat setelah datang, dan sesaat harus kembali.

BTW, yang mau saya bahas disini adalah, flashback kehidupan ngampus saya dari semester awal sampe sekarang mau masuk semester tiga, dan sejarah bisa kuliah disini. Let me divide it into parts...

First. Apa yang saya lakuin setelah lolos SNMPTN? Makan banyak! Ini serius lho. Ini saya niatnya menikmati masa jaya saya (saya sebut masa jaya karena emang di masa ini bebas, pengen makan ini itu cuman pake Keyword "aku lolos snmptn loh" ibu bapak udah pasti ngabulin haha) dan yakin bener kalau seiring kuliah pasti bakalan kurus dengan sendirinya (And this is definetely true). 

Barusan saya buka buka Facebook, buka buka explore Instagram dsb. Psst saya gamau bahas anak ustad yang ganteng tapi udah taken (still, in my opinion cowok yang udah berisitri itu gantengnya ilang, kecuali yang udah om om -ampuni hamba Ya Allah :"3) tapi mau bahas tentang adik adik yang baru masuk kuliah, dan yang udah kuliah tapi..ya gitulah..

Seperti sebuah kebiasaan, atau kebanggaan bisa meraih kampus impian, adik adik ini pada rajin berfoto di depan kampus, fasilitas kampus dsb. Apakah wajar? Of course! Itu tanda kebahagiaan loh, dimana engga semua siswa SMA bisa raih. very normal. Tapi, saya tidak (atau mungkin belum) ngelakuin ritual atau adat itu.  Why? Apakah UNAIR bukan kampus impian saya?

--Psst. Ini postingan panjang, kalo gakuat baca yang panjang2 :3 mending di close ya qaqaaaa---

Saya yakin kok, Universitas Airlangga masih masuk 10 besar kampus terbaik nan impian. Saya yang terlahir di kalangan pemerhati pendidikan sekaligus pemerhati pendidikan, sudah tau Universitas Indonesia dari umur 6 tahun. Easy buddy, kalo ada yang iseng nanya saya sekolah besar dimana. saya jawab Universitas Indonesia. Hal yang mungkin belum diketahui anak seumuran saya. Saya dulu pengen banget jadi dokter, serius! Tanpa embel embel cita cita musiman atau keren kerenan anak TK. Pas anak seumuran saya takut disuntik, saya justru paling pengen nyuntik. Saya sering beli suntik abal abal di abang abang penjual mainan pas kecil. Paling benci kalau pas ke rumah sakit gaboleh masuk kamar inap atau ikutan masuk padahal dokter yang lagi ngecek keadaan pasiennya itu ganteng (dulu kecil genit banget saya-___-). Tapi menjelang kelas lima atau enam, saya mulai beralih, kepo tanya ke ibuk pas ada berita tentang Universitas Airlangga. Disitu saya mulai beralih ke Universitas Airlangga, Dan saya ingat betul dengan pertanyaan di soal latihan bimbingan belajar saya,"Saya ingin kuliah di Universitas....." dan mantap saya jawab Airlangga. Ditanya oleh guru bimbel, saya jawabnya kalo gasalah, kedokterannya bagus, dan gatau suka aja sama Universitas Airlangga. Ditanya orang orang, dengan sombong saya jawab, minimal aku kuliah Universitas Airlangga! titik. eh seru!

Waktu berlalu. Saya yang dari dulu kekeh pengen jadi dokter, mulai goyah. Seolah Allah memberikan petunjuk bahwa IPA bukan bidang saya. Bidang saya lain. Fisika adalah mata pelajaran pertama yang ngasih saya petunjuk itu. Okay kalau mungkin ada yang baca postingan "We don't Talk Anymore" saya tau lah sama doi. Nah doi ini jago fisika. Pernah saya itu maluu banget gara gara ditanyain,"Nilaimu berapa kok remidi?" dan saya balik nanya ke dia nilai dia berapa dan shitty man dia 90an dan saya pikir, alah paling dia gatau MotoGP, sibuk belajar, saya jawab,"Nomer punggungnya Rosi" dan dia rada nahan senyum sambil bilang,"Empat puluh enam?!" 

Biologi, ini yang dianggep jembatannya Kedokteran, rada mending lah. Dapet guru yang cara pengajaran beliau aneh, seakan akan beliau dosen yang harus tau originalitas sumber jawaban siswanya. Disini saya engga nyangka banget bakalan sekelompok sama si doi, bareng doi saya yang lain lagi yang rada somvlak tapi wajah mendukung (Duh doi saya sebenernya di SMA banyak, kalau gaada mereka ini saya pasti udah pindah sekolah wkwk) But totally fail dengan nilai saya yang segitu segitu aja, dan lagi nilai afektif yang jelek sendiri diantara yang lain, bikin mami mencak mencak dsb. Paling tidak ini mapel masih ada kesan enaknya lah.

Kimia. BTW si doi yang jago fisika ini juga pernah pamer sertifikatnya yang juara lomba kimia juga. Kimia ini gajauh dari nasib dua mapel diatas. Saya gapaham apa itu senyawa, atom, molekul, kenapa mereka harus dicampur sama yang lain, apa mereka nikah dulu terus menghasilkan senyawa atau hal baru, saya gapaham-__-

Jadi, saya langsung banting setir ke Ekonomi, karena ekonomi pelajaran yang paling menyenangkan menurut saya. Bahasannya yang beneran terjadi dan dilakuin oleh manusia. Apalagi bahasnya uang negara dan tetek bengek uang. Bukan seperti akuntansi yang ngitung bukan uang kita. So, thats why now I study economics!

Saya ini sempet lupa sama ucapan saya pas kelas enam yang bilang minimal kuliah UNAIR. Dan sekarang kesampaian. Makanya saya selalu bilang pengen punya jodoh orang Arab atau yang hidungnya minimal kaya sledingan cantik, biar kesampaian kaya dulu nyari kuliahan. Tapi kalau si doi mau sama saya, saya engga keberatan kok:)))

Oke, sekarang bahas awal saya masuk kuliah. Hows 1st Semester? Not bad and not so good enough. Saya yang sebenernya pengen kuliah di IE UI tapi harus ngikut orang tua yang minta di Surabaya aja, masih kebayang bayang. Ini sebenernya inti saya nulis ini, ngeliat dedeq2 yang foto sama fasilitas universitas dengan bangganya. Jujur, saya belum pernah foto sama fasilitas universitas sama sekali (kalau engga lupa wkwkwk) sama bis FLASH UNAIR, di depan Airlangga Convention Center, Kantor Rektorat, bahkan di FEB -_- saya gatau kenapa masih refusing buat foto kaya begitu. Apa karena emang saya pemalu? atau emang belum 100% ikhlas di UNAIR? engga tuh, saya ikhlas banget kuliah disini walaupun masih suka ngebayangin kuliah di UI. Yah mungkin itu prefrence aja ya, kaya kalo di mikro, penentu jumlah permintaan. Qd wkwkwk

Second, mau bahas masalah akademik dkk semester satu dan dua. Saya penggemar akademik. Saya lebih suka belajar daripada harus ber-organisasi. Saya lebih suka mantengin Kabar Pasar daripada nonton Ganteng Ganteng Serigala jaman sma. Dan lagi, semester satu saya engga dibolehin ikut organisasi dulu, disuruh fokus belajar. Padahal saya juga engga belajar2 amat, always SKS dan inget banget ujian Mikro itu saya tidur jam dua pagi wkwk. Saya mulai galau ngeliat temen satu persatu ikutan BEM, Hima dsb padahal saya sendiri cuman ikut satu Unit Kegiatan Fakultas dan jarang ikutan kegiatannya. Saya sempet galau itu, ngerasa IP saya di range 2,5 sampe 2,9 dan sia sia ngerelain ikutan kepanitiaan dan organisasi karena akademik juga bakalan sama aja, gaada pengaruhnya. Tapi alhamdulillah, bisa dapat A's Straight:))) 

Semester dua menurun. Saya yang kepedean dengan nilai semester satu, nyoba ikutan kepanitiaan. Udah mulai ikut ikut rapat, apalagi udah mulai hapal dan semakin ngapalin jalanan Surabaya bikin saya lebih sering hangout, window shopping dan cangkruk sama temen temen. Otomatis porsi belajar saya berkurang kan haha. Ditambah materi yang semakin susah dan beberapa dosen yang saya gapaham cara ngajarnya bikin IP saya sempet turun 0,4 -___- Parahnya, banyak temen yang nilai Statistikanya dapet E, yang otomatis bakalan mundur satu tahun kuliahnya, gimanapun caranya.  Tapi, Allah masih sayang sama kami kayanya. Saya kan lagi ngurus surat keterangan kuliah tuh, nunggu di depan kemahasiswaan dan nemu daftar nilai ujian. Eh ternyata nilainya Statistika di KHS dan di depan kemahasiswaan itu beda jauuh, sampe dua puluh -__- saya terus cerita ke temen temen dan....

TBC

0 komentar:

Posting Komentar