Minggu, 07 Agustus 2016

My First Time: Mesin Cetak Mandiri di Surabaya Gubeng berubah jadi Boarding Pass

Assalamualaikum wr wb

Ceritanya, kemaren barusan nyampe rumah abis ambil KHS di Surabaya (okay, enough, don't ask about the GPAs). Biasanya kan gue naik Mutiara Timur Malam/Siang sama Sritanjung, tapi lebih sering naik Mutiara Timur Malam sih. Buat yang pengen tahu pengalaman gue naik Mutiara Timur bisa klik disini 

Berhubung ini lagi liburan (means that I don't have much money and no income at all), kemaren buat pertama kalinya beraniin diri naik Probowangi. Kenapa gue sebut beraniin diri? Karena ini kereta berangkatnya pagi dari Surabaya Gubeng, jam 04:25 jadi harus bangun pagi dan itupun gatau bisa dapet taksi atau engga. Gue juga udah niatin berangkat ke stasiun jalan kaki aja sekalian ngurusin badan xD. But yeah, buat mantepin diri buat berangkat jam segitu di Surabaya ada sisi sulitnya tersendiri -__- btw perjalanan menuju stasiun dan rasanya naik Probowangi ini bakalan gue review sendiri di pos selanjutnya..

Back to topic. Gue kaget awalnya. Niatnya kan jam 10 pagi ke stasiun buat cetak mandiri tiket kayak biasanya. Nah sampe sana kaget loh kok jadi mesin barcode dan gada printnya sama sekali. Sampe bingungnya gue pikir ini cuman buat Stasiun Gubeng Baru. Gue pindah ke Gubeng Lama eh ternyata sama. Lah tambah bingung dong eyke..

Niatnya mau tanya ke mbak mbak yang ada di sekitar sana tapi kok ngantri banget, terus bacaada semacem X-Banner di sebelah mesinnya. So, sekarang itu masuknya pake boarding pass cem bandara gitu. Buat yang bingung atau yang baru tau info ini, gue kemaren sempet foto tata caranya di Stasiun Gubeng Baru...
Jadi, buat yang belinya di loket bakalan dapet tiket kan? Nah di tiket itu ada barcodenya. Nah ntar scan barcodenya di mesin boarding pass itu. Ntar bakalan keluar kertas boarding passnya. Buat yang pesennya online kayak gue, ada kode bookingnya itu kan? Nah ntar tinggal sentuh-sentuh aja di layar kode bookingnya, ntar juga bakalan keluar. Nih contohnya boarding pass punya gue kemaren


Gue sempet bingung juga karena gue kemaren ke stasiun itu minta dianterin sama temen (motor masih di rumah) dan gue juga awalnya mikir ga mungkin nyetak satu jam sebelum berangkat karena tadi itu, gatau bisa dapet taksi atau engga. Untung aja temen gue mau nganterin lagi haha. Thanks Maulaaa

Ada beberapa kritik dan pujian buat sistem yang baru ini. Pujian gue yang pertama adalah sistem ini bikin keamanan kereta (dimasukin orang lain atau semacemnya) lebih terjaga, karena sistem keamanannya berlapis lapis sini. Selain itu kita bisa check-in 12 jam sebelum keberangkatan kereta, jadi buat yang biasa bangun telat macem gue gini bisa rada aman karena engga keburu buru buat cetak tiket dan sejenisnya. Buat kritiknya, kayanya ini kurang disosialisasiin ya. Harusnya sih ada semacem notif ketika beli tiket dan naik dari Surabaya Gubeng. Buat yang gatau kan jadinya kasian. Terus kalo bisa sih jam check-innya diperpanjang ya, jangan 12 jam sebelum deh. 24 jam gitu lah (keliatan banget kalo writernya gampang nelat plus males). Dan, sebagai calon ekonom -apasih- gue gatau ya kenapa gue ngerasa ini salah satu cara "efisiensi biaya" dari PT KAI karena kayanya kertas buat boarding pass sama yang buat tiket konvensional mahalan yang konvensional XD.

Overall, gue berharap banget semua perbaikan dan peningkatan kualitas kereta api ini bener demi kenyamanan penumpang dan kemajuan buat PT KAI sendiri. 

Oke, selamat menempuh perjalanan. Semoga selamat dan sesuai ekspektasi. "Thank you for using our services and see you on the next trip'' (keliatan kalo keseringan naik kereta)

Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar