Selasa, 09 Agustus 2016

My First Time: Naik Kereta Api Probowangi

Assalamualaikum wr wb

Yeayayaaayy (Ala syahrini di iklan mie sadep *eh) this was the xx times I use train! Still it is my most favorite  transportation! Fyuuh sayangnya masih make kereta itu itu aja -__-" 

(Okay, wait. Tunggu sampe saya bisa njajal kereta di DIVRE Sumatra dan nyoba jalur kereta di Sulawesi.) 

Seperti yang diketahui di postingan sebelumnya, beberapa hari yang lalu saya musti balik lagi ke Surabaya buat ngurus surat keterangan kuliah dan ambil Kartu Hasil Semester (and again, don't ask about my GPA). Terus di pstingan itu saya bahas masalah mesin cetak tiket mandiri yang berubah jadi sistem boarding pass di Surabaya Gubeng kan? Masih anget kok, daripada saya kasih linknya terus musti bolak balik kena adfly wkwkw

Nah jadi ceritanya gini. Ibu yang emang engga biasa dan jarang serta gapernah ngasih uang saku 'tumpeh tumpeh' kemaren ngasih uang saku buat di Surabaya sekitar lalala (sensor, jaga imej ibuk haha). Nah masalahnya adalah ini hati udah gemes banget pengen cepet cepet bikin rekening Bank Syariah. Cocoknya lagi rekening bank yang jadi KTM kan isinya mevet banget dan harus di isi biar aman rekeningnya. Apalagi pas di Surabaya nih, ada promo dari Sbux 'Buy 1 Get 1" buat celebrating Internatinal Friendship Day jadi pas banget setelah beberapa bulan ga main kesana. Plus plus kan ini anggaran belanja saya-__- Belum lagi uang saku itu belum dilengkapi sama biaya bayar tiket. Duh mak gini amat-__-

But, bukan anak ekonomi sih kalau saat kevevet gini gabisa mengalokasikan keuangan /eaeaea/ Dengan berbagai pertimbangan dsb, akhirnya saya putusin buat naik Probowangi aja, dengan resiko terbesarnya, BERANGKAT PAGI dan GADAPET TRANSPORT KE STASIUN!

Oke, saya gamau bahas masalah apa apa yang terjadi sebelum saya berangkat ke stasiun, mending langsung aja ke rasa dan kritik kritik kecil buat kereta api ini.
  1. First Impression dari kereta ini adalah, murah tapi engga murahan. Sempet pesimis sih soalnya ini kereta api termuraaah buat jurusan Surabaya-Banyuwangi Baru. Tapi menurut saya sih 11:!2 sama Sritanjung yang notabene harga tiketnya lebih mahal 20-30 ribu, cuman Sritanjung enaknya kan waktunya lebih siang dan mudah dijangkau. 
  2. Dari sisi fasilitas keretanya. Satu yang pasti langsung saya rasain adalah, ACnya! AC harus dingin lah ya. Untung sih menurut saya masih dalam keadaan 'lumayan menuju bagus' karena kadang masih keras nyess kena AC. Cumannya lagi adalah, karena ini kereta Ekonomi jadi pintunya ga bisa cklek (aduh gimana ya ngejelasinnya) jadi gampang kebuka dan bikin udara luar masuk dan ACnya ga dingin lagi. Alhamdulillahnya, dapet gerbong yang enak. Saya paling engga seneng kalo dapet kereta yang tempat duduknya ada papannya gitu (yang pernah naik ekonomi mungkin tau) untungnyaaaa kemaren gadapet gerbong yang kaya gitu. 
  3. Ini yang njijikin banget. Kemaren kan berangkat sengaja pake rok biar gausa bawa mukena, terus kok gabisa gerak gampang jadi ganti celana. Dan lagi lagi, namanya juga kereta api ekonomi ya, beda jauh sama Ekskutif haha. Toiletnya njijikin banget. Kaya ada duuuh pokonya saya gabisa njelasin lah, saya aja nulis ini sambil nahan geli kebayang lubang toiletnya yang sampe duh pokonya sebisa mungkin hindari toilet yaa kalo naik kereta ekonomi ini.
  4. Bagasi. Buat yang emang bawa barang banyak dan punya anggaran lebih, sebisa mungkin mending naik bisnis atau eksekutif. Di ekonomi ini bagasi nya umpel-umpelan (desekan) sampe sampe ditaruh di deketnya bordes dan nyempitin jalan. Untungnya saya naiknya dari Stasiun pertama, jadi masih kebagian.
  5. Kecepatan kereta. Kereta ini saya bayanginnya pelan gitu, terus berhentinya lamaaa kayak kalo naik Penataran atau Dhoho. Tapi ternyata engga lho. Paling lama berhenti sekitar 10 menitan kalo gasalah, dan engga kerasa lama. Speednya juga hampir sama kayak Mutiara Timur kok. Jadi engga kerasa lama, malah kadang menurut saya lebih kerasa lama naik Mutiara Timur haha.
  6. Ketepatan eta (Estimated Train Arrived ?) hm, skala 7,5 dr 10. Estimasi sampe di Kalisetail itu 10:49 tapi nyampenya jam 10:55an.
  7. FYI, ada kereta makannya loh. Saya kira gaada haha. Menunya waktu itu Nasi Goreng Maroco, Nasi Sate, Pop Mie, sama satunya apa itu lupa. Jadi jangan takut kelaparan ya, tapi kalo kaya saya gini bukan takut kelaperan, tapi gaada uang haha
  8. The Great Things is, kereta ini melebihi ekspektasi saya banget. Saya kira ini old-fashioned banget dengan gaada notification voice buat nge-informasin stasiun selanjutnya. Ternyata ada lho! Wah keren! BILINGUAL! Bule bule jadi ga susah nih ngartiinnya.
That's all my experience. Again, overall enak kok dan nyaman naik kereta ini. Cuman ya masih trauma dengan toilet yang njijikin. Ohiya saran aja. Saya kemaren kan di gerbong 1 (kalo dari Surabaya Gubeng, kalo dari Banyuwangi mungkin gerbong 5 atau gerbong dinas), jadi buat yang pengen dapet tempat duduk kaya saya mungkin bisa jadi acuan. BTW, karena saya di gerbong 1, jadinya saya musti jalan dulu ke gerbong dua buat turun. Nah di gerbong dua ini nih temoat duduknya ada papannya. Sepanjang jalan pulang saya cuman bisa alhamdulillah alhamdulillah karena gajadi pesen di kereta dua.  

Doakan rejeki saya lancar ya, ntar kalo devices saya udah memadai, bakalan saya uploadin video yang isinya jalur dengan pemandangan bagus sepanjang rel kereta.

Buat yang mau tanya, bisa banget nanya di kolom komentar. Ada yang mau bagi info atau pengalaman juga? Feel free to give comment!

Wassalamualaikum wr wb

Tags:
  • PENGALAMAN NAIK KERETA API PROBOWANGI
  • RASANYA NAIK PROBOWANGI

4 komentar:

  1. bedanya apa sih kak antara gerbong 1 sama gerbong 2 yang ada papannya? terus bedanya sama dhoho apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Pailina, terima kasih sudah baca post ku ya^^ Jadi selama aku naik kereta untuk yang kaya papan itu ada dua, ada yang papan dan gaada bantalan (yang empuk buat punggung itu hehe) sama papan, tapi dia ada sandaran punggungnya /cmiiw/. Kalo ini masalah selera sih, soalnya saya ga suka kalo ada papannya wkwkwk. Kalo bedanya sama dhoho, saya pernah ngalamin naik penataran ke blitar tuh rasanya lebih bikin capek drpd ke banyuwangi, karena sering berenti dan pernah itu berhentinya hampir setengah jam lebih! daaan saat itu gaada kereta makannya (gatau sekarang ada atau engga)jadi ngerasa kelaparan banget wehehe. Bedanya juga, di probowangi km gabakal ngerasain tuket berdiri, karena semua duduk jadi nyaman dan bisa tidur dengan tenang :D btw, ada rencana ke Banyuwangikah?

      Hapus
  2. Halo, btw aku mau tanya nih. Naik probowangi dr gubeng lama apa baru ya? Soalnya aku baru banget mau naik kereta ini, dan sendirian. Dengan jam keberangkatan yg ngeri (subuh, cewek sendirian di stasiun) bikin aku deg degan hahah. Btw nice info :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii sorry bgt baru reply, kalo naik probowangi sih bebas gubeng baru atau lama, cuman aku lebih suka di gubeng lama kalo naik probowangi karena jalur keretanya di jalur 1, which is itu deketnya gubeng lama. biar subuhannya juga ga gupuh pindah kereta wkwk. Ngga apaa, di gubeng lama insyaAllah amaaan soalnya penjaga dimana mana daan ruameee teruusss

      Hapus