Assalamualaikum wr wb
Jadi ceritanya, semster ini ngerasa semester yang kadar susahnya jauh banget sama semester satu. Dan yeah, to many bad news about, dosen in nilainya usah, ini enak tapi kamu gadapet apa apa dari kuliahnya, dan lain sebagainya
Engga dipungkiri sih, namanya juga mahasiswa/i sometimes pasti kepikiran juga sama nilai, kecuali mahasiswa yang engga peduli sama kuliahnya. Diakui atau engga. setidaknya pernahlah sesekali kepikiran nilai atau indeks prestasi.
Well. Gue punya pemikiran lain masalah ini. Banyak yang bilang kuliah itu mencari ilmu, bukan nilai. Gue jujur gapaham bedanya disini apa, tapi setelah ngejalanin dua semester kuliah baru gue paham.
Yang dimaksud mencari ilmu adalah, lo disini harus bener bener mengerti dan paham sama materi yang lagi lo pelajarin. Bener bener perhatiin, dipahami, dimasukin hati dan pikirab, batin dan rohani. Nah di sisi lain, yang namanya cari nilai menurut gue adalah, lo bakalan berusaha sekuat tenaga, ngehalalin segala cara buat ngedapetin nilai bagus tadi. Nyontek, nyari bocoran soal, dsb, yang justru percaya sama gue, lo bakalan engga catch the point dari materi yang lo curangin.
Maybe ada pembaca yang nanya, Author udah nyari ilmu belum? For some subject like Macroeconomic, gue yakin gue bertahan sama yang namanya mencari ilmu. But sadly, honestly ada beberapa matkul yang gue rasa, gue cuman nyari nilai disitu. Bukan berarti nyontek terus dsb, tapi gue masih belum get the point buat materi yang udah diberikan dosen. And this thing leads to a question,"Sudahkah dosen capable untuk bisa mentransfer ilmunya kepada mahasiswa?"
Mungkin, beberapa saat ke depan bakalan banyak yang complain ke gue tentang postingan gue hari ini, mungkin juga kalau gue jadi lecturer gue bakalan dikritik sama cara mengajar gue but gue harus bagi pemahaman gue ini.
Beberapa hari ini gue inget kalo ayah pernah cerita gini,"Bapak itu sedih kalau nilai ujian siswa itu jelek jelek. Ini bapak yang emang gabisa ngajar, soalnya yang kelewat susah, atau emang dari siswanya gaada perhatian sama mapelnya?" Gue cuman diem waktu itu, terus ayah ngelanjutin,"Kalau hampir 3/4 kelas itu nilainya jelek semua, jauh dibawah KKM, berarti bapak (guru) nya yang gabisa ngajar. Kalau dikit, berarti emang siswanya yang engga belajar. Harusnya ketika nilai ujian dibawah rata rata dimana guru mungkin kurang baik dalam mentransfer ilmunya, guru harus segera berbenah. Apa yang salah sama metode mengajarnya dan kendala apa yang harus dihilangkan supaya tidak terjadi nilai kayak gitu lagi."
Beberapa hari ini ada UAS di kampus. As always, setiap kali ada ujian, ada aja kendalanya. Dan di semester dua ini, gue sendiri ngalamin gimana rasanya ujian engga bisa ngerjain apa apa, soal essay engg selesai, dsb. Banyak temen yang ngeluh masalah yang sama, dan pada akhirnya gue yang selalu mikir,"ini aku yang bego apa emang soalnya susah?" kejawab.
Nilai. Oke, gue tahu banget kalo di kampus, beberapa mahasiswa kurang interest sama matkul diliat dari banyaknya TA dsb. It's her/his mistakes if they get bad score this semester karena mereka emang kurang attract sama matkulnya. Tapi ini, hampir sebagian besar mahasiswa engga bisa lho. Terus letak salah dan kurangnya di bagian mana?
Hanya sedikit kritik bagi para dosen. Yap, gue cuman mahasiswi yang baru netes, masih semester dua lagi. Dari sebelum masuk kuliah udah diwanti-wanti dosen itu engga peduli sama lo, lo yang butuh ya elo yang ke dosen dsb tapiiii sudah seharusnya dosen lebih pay attention sama mahasiswanya. Gue gatau pas dosen ngoreksi ujian terus tahu kalo hampir semua mahasiswanya bad score terus bakalan mikir, apa saya kurang bisa menyampaikan materi ya? Sudah selayaknya dosen juga memperbaiki diri, bukan hanya mencela mahasiswa dengan mengatakan mahasiswanya kurang belajar dan sebagainya. Sudah seharusnya dosen juga memperhatikan, apakah metode pengajarannya sudah sesuai diberikan kepada mahasiswa? nilai afektif apa yang bisa dijadikan sebagai salah satu komponen indeks prestasi?
Dari sisi mahasiswa, jangan nge-judge dosen kalau dapet nilai yang kurang baik. Look at yourself, ask yourself,gue udah bener belum semester ini? Temen gue ada yang nge-judge dosen susah nilai dsb tapi dia sendiri jarang masuk kulih dan sebagainya. Ini nih yang namanya kuliah cari nilai. Maunya nilai bagus tapi jarang masuk, jarang merhatiin dosen. Then,ketika gue dan lo udah selesai dengan pertanyaan tadi, udah dapet jawaban? mungkin diantara pembaca, kalian udah serius kuliah, udah serius ngikutin dosen tapi dapet kurang juga. Yah, sulit emang kalo udah jawabannya kayak gitu. Keep strong aja deh.
Perguruan Tinggi ada untuk mencetak anak bangsa yang cemerlang. Cerdas dari sisi pemahaman materi dan penyampaian, bukan hanya indeks prestasi yang kadang kurang mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Untuk mendapatkan dan menghasilkan pemuda yang bermanfaat bagi bangsa, hendaknya dari dua sisi saling menyokong dan bersinergi. Dosen memberikan umpan umpan positif selalu mengevaluasi pengajarannya sendiri, dan mahasiswa yang sadar betul tujuannya di perguruan tinggi, dan benar benar perhatian dengan studi yang dipilih,
Wassalamualaikum wr wb.
0 komentar:
Posting Komentar