Selasa, 26 Desember 2017

My Silly Method to Overcome Run Out of KAI Ticket


Assalamualaikum wr wb

Yap, di postingan ini saya mau bagi bagi tips gimana sih caranya dapet tiket meskipun tiket dari asal ke tujuan kita udah abis wkwkwk

Kemarin tanggal 21 Desember 2017 saya rencananya pulang. Kenapa engga pulang dari kemaren jumatnya karena ada vacation  tipis tipis sama anak anak BPH wkwkwk. Dan, hari rabunya ada survei buat KKN (terasa sedih karena... ikut KKN berarti saya udah semester tua wahaha). Jadinya saya baru bisa pulang kamisnya. Pun juga selasa adek saya yang laperan minta ditemeni nonton. Sip!


Nah karena pulang dari Malang baru hari Senin sore, saya nyari tiket di stasiun hari Kamis. Dan begonyaa saya lupa kalo Christmasnya hari Senin which is Kamis bisa jadi udah cuti bersama. Yep dan saya juga lupa buat ngecek kesediaan tiket di aplikasi KAI Access. Sampe disana, etdah kok lumayan sepi. Eh laa nomer antrian yang kereta jarak jauh kok ya udah abis.... Yup! tiket kerta ekonomi jarak jauh udah abis sampe hari Sabtu/Senin!

Walah mana uang saya cuman cukup buat beli tiket ekonomi T.T

Hmm, memang ya, kalo udah kepepet gini pasti pikiran bisa meliar buat nyari solusi kwkwk.

Memang, kereta dari Surabaya sampe Kalisetail (Banyuwangi) emang sering bangeeet habis. Nah kemarin yang ada tinggal Eksekutif 250 sama Ekonomi Premium 190... Hmm mumpung liburan gini demandnya banyak, dinaikin deh harga tiketnya wkkw.

Oke cara yang saya gunain adalah, beli tiket doubel dalam satu perjalanan! Yap, step by stepnya kayak gini nih:
Saya lupa engga ngescreenshoot tahap tahap saya pas hari Kamis kemarin, jadi saya make tanggal 1 Januari yang kasusnya sama kaya saya wkwkwk. 

1. Oke, di tanggal 1 Januari 2018 kereta dari Surabaya Gubeng-Banyuwangi Baru habis, seperti di screeshoot dibawah ini


 2. Nah, kita cek ke stasiun yang pertengahan, biasanya penumpang yang banyak itu tujuannya Jember sama Banyuwangi. Jadi, caranya kita cek ketersediaan tiket sampe stasiun sebelum stasiun yang rame orang turun. Di saya, saya pake stasiun Tanggul.

Nah, di perjalanan yang sama, ternyata ada kursi kosong sampe Tanggul. Sip, kita keep dulu yak hehe.

3. Next, kita cek ketersediaan tempat duduk dari Tanggul ke Banyuwangibaru.
wahahaha alhamdulillah, ada tiket nih... Sip.

4. Kembali ke pemesanan nomer 2, kita pesen tiket pertama dari surabaya Gubeng ke Jember Tanggul. Nah setelah itu booking tiket dari Tanggul ke Banyuwangi Baru. Beres!

Kenapa sih saya make cara ini instead of using bus atau yang tiket mahal?

Ibuk saya agak ngelarang saya naik bis, even itu bis patas. Karena, saya turunnya di Banyuwangi, dan dari Jember ke Banyuwangi katanya lumayan nakutin:( terus, kalo nak bis, saya berat di ongkos ke Terminal Purabaya nya wkwkwk. Kedua, kenapa harus beli dua tiket dalam satu perjalanan? Karena yang pertama masalah biaya. Ini saya kemarin abis sekitar 100k dari harga tiket yang biasanya 56k. Akan tetapi, menurut saya ini mending daripada saya naik kereta yang 190k (sebagai mahasiswa 90k bisa dibuat makan sepuasnya wkwk). Saya masih punya surplus 90k buat nonton di hari Selasa. Terus, enaknya lagi kita engga perlu pindah kereta atau bela belain ga pulang wkwkwk.

Yah, kelemahannya sih ya jelas harga tiketnya jadi naik hampir dua kali lipat. Ini sih juga kesalahan saya yang orangnya mageran wkwkw. Kelemahan yang lain sih ini, harus pindah tempat duduk wkwkwk. Samaa, tiket yang kedua dari TGL-BW harus di cetak di stasiun Tanggul atau setelahnya.. Jadi, saya sih nyaranin buat update KAI Access buat bisa e-boarding pass.

Saya kemarin malah dapet dari SGU-TGL sama RBP-KSL which is dari Tanggul sampe Rambipuji saya engga punya tiket. Deg degan sih kemarin, rasanya kayak saya buronan kereta wakaka apalagi tiket saya yang kedua baru bisa saya cetak atau boarding di Stasiun Jember karena iOS saya belum ke upgrade (gabisa buat e-boarding pass) daan keretanya berhenti di Rambipuji cuman sebentar. Jadi saya ala ala mau turun Rambipuji tapi udah di bordess dari Stasiun Tanggul (miris ya kehidupan). Ohiyaaa saran lagi, kalau bisa pilih kereta yang jarak antar gebongnya rada jauh, kaya saya kemarin sampe Tanggul di kereta 3, Rambipuji Kalisetail gerbong 1 wkwkwk.

Satu silly story lagi, saya kan turun sebentar ke stasiun Jember buat cetak boarding pass sama beli roti. Eh papasan sama orang yang di depan saya di gerbong 3 wkwkwk. Bapaknya kayak kaget gitu karena dipikir saya udah turun dari Tanggul wkwkw.

Itu aja sih kayanya, Feel free to ask me ke surel kimryehee(at)gmail.com. Saya ada lagi sih cara buat ngatasi ngga punya tiket, tapi ntar aja deh wkwkwk

Wassalamualaikum wr wb

Tags:
cara mengatasi kehabisan tiket
tips kehabisan tiket kereta
solusi kehabisan tiket kereta
trik saat kehabisan tiket kereta



0 komentar:

Posting Komentar