Sabtu, 03 Desember 2016

Statistika MDS (Multiple Dimensional Scaling) Data Hair menggunakan SPSS

Assalamualaikum wr wb

Haai, setelah sekian lama engga ngepos sesuatu yang berguna di blog, kali ini saya bakalan bagi bagi duit nih
.
.
.
ea pada baper xD

Jadi disini saya mau bagi step by step dan cara nge-run MDS (Multi Dimensional Scaling) yang jadi materi di MAS201 (Statistika 2)

I know exactly betapa susahnya (ini pure saya yang alay, mungkin belum kapasitas otak saya bua cepat memahami MDS) memahami Statistika. Apalagi dosen saya ini keras dan disiplin banget orangnya. Duh, ternyata labeling saya ke beliau sudah mulai bergeser nih. Kemaren pas PHL beliau baik banget sampe nyontohin gimana nge run di SPSS.

Nah, bagi kalian mahasiswa yang pakai buku Jospeh F Hair yang Multivariate Data Analysis, kalian pasti engga asing sama data HBAT. Yap! HBAT ini perusahaan yang bergerak di bidang produksi kertas kalo saya engga salah denger dari penjelasan dosen. Nah HBAT sendiri singkatan dari para pengarang buku MDA ini yakni Hair, Black, Anderson dan T nya saya lupa wkwkwk.

Mungkin selama menggunakan buku Hair ini rada bingung ya, ini datanya gaada danlainsebagainya. Nah setelah ngubek ngubek internet barulah saya paham bahwa datanya Hair ini berada dalam satu set yang di publish di website penerbit. Dan....buat akses kesana, musti masukin product code segala macem. Yaelah.....buku aja fotokopi wkwkwk

Tapi tenang, Kalian bisa download datanya di sini. Cukup klik gambar buku yang jadi referensi kalian, tergantung edisi berapa..

Untuk step by stepnya dan hasil output serta interpretasinya, bakalan saya share di akun academia.edu saya. Hitung hitung buat universitas saya, siapa tahu nambah score peringkatnya haha

Step by step bisa dilihat di klik disini

Oke sekian dulu, mungkin pas buka profil saya, dokumennya belum ada. Sabar ya, masih proses nih hahaha. Again, makasih sudah mampir di blog saya^^

Wassalamualaikum wr wb

Tags: Step by step MDS, MDS using data Hair, Dataset Hair, MDS menggunakan data HBAT. HBAT data, HBAT step by step, HBAT MDS output. 

0 komentar:

Posting Komentar